Kreatifitas adalah
suatu kemampuan berpikir ataupun melakukan tindakan yang bertujuan untuk
mencari pemecahan sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda
(out of the box), tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan
bermanfaat”. Salah satu aspek lain dari berpikir kreatif ini adalah
bermimpi. Kegiatan bermimpi ini, dipercaya sebagai salah satu kebutuhan penting
di dalam cara kerja otak.
Inovatif adalah suatu
kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada
disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil,
serta bermanfaat bagi banyak orang.
Hal yang harus diperhatikan dalam berpikir inovatif dan kreatif yaitu:
1) Pemahaman materi
2) Modifikasi
Inovatif dan kreatif datang dari MIMPI DAN MOTIVASI. Motivasi adalah dorongan kuat dari dalam diri untuk berkembang. Motivasi dapat timbul karena adanya kebutuhan dasar dan kebutuhan lainnya.
1. Kebutuhan dasar : makan, minum, sandang, papan dan pendidikan
2. Kebutuhan lainnya : meningkatkan status diri di masyarakat, ingin lebih dihargai, dan dihormati orang lain atau masyarakat
Hanya dengan bersikap kreatif dan inovatif, kita akan menjadi “berbeda” dibanding yang lain, menjadi unik sehingga berpotensi untuk menjadi pemenang (champion) dalam setiap persaingan.
3 langkah menumbuhkan
cara berfikir inovatif :
a. Masalah
Melatih
berpikir inovatif yang paling mudah adalah dengan berusaha mencari masalah yang
ada kemudian memecahkannya. Ada begitu banyak sekali permasalahan yang dialami
setiap orang atau komunitas yang hingga saat ini belum ditemukan solusinya.
b. Kebutuhan
Dari
sebuah masalah yang ditemukan, maka di sisi lain hal tersebut dapat juga
merupakan sebuah kebutuhan. Mengubah sebuah masalah menjadi kebutuhan akan
menjadi cara yang lebih powerful untuk
melatih berpikir inovatif.
c. Peluang
Kita
sudah menganalisa masalah menjadi kebutuhan. Selanjutnya mencari peluang apa
yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Untuk melihat peluang,
Anda juga bisa melihat apa passion Anda,
atau melihat expertise Anda, atau bisa juga
berkonsultasi ke teman-teman Anda. Semakin banyak peluang yang lahir, justru
akan semakin besar juga pola pikir inovatif yang terbentuk.
Salah satu ide kreatif yang akan saya lakukan sebagai seorang guru, sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, saya akan menampilkan atau menceritakan kisah hidup ilmuan-ilmuan terkenal dunia seperti Albert Einsten maupun ilmuan ilmuan lainnya. tujuannya adalah dengan menampilkan biografi tersebut membuat siswa termotivasi sehingga proses belajar mengajar lebih efisien dan membuat siswa termotivasi untuk belajar lebih giat lagi.
Bagaimana pendapat teman-teman sekalian mengenai ide tersebut ? apakah ada masukan supaya metode tersebut dapat lebih menarik lagi?
assalamualaikum, ide kreatif yang anda berikan sangat bermanfaat untuk menambah motivasi belajar siswa, tetapi yang igin saya tanyakan jika tidak ada sangkut paut dengan materi apakah siswa akan tetap tertarik, jika iya tlong ada beri contoh dalam pembelajran kimia, terimaksih
BalasHapusitu tidak termasuk dalam materi belajar andri, maksud saya metode itu dilakukan untuk memotivasi siswa lewat kisah hidup para ilmuan yang sangat gigih dalam melakukan penemuannya, ada yg dianggap gila oleh teman temannya bahkan ada yg dihukum karna mempertahankan pengetahuannya. sehinnga nantinya siswa lebih giat lagi dalam belajar untuk menggapai impiannya, terimakasih andri atas komentarnya...
Hapusoooooo begitu, terimakasih atas penjelasan nya robby
Hapusassalamualaikum wr wb
BalasHapusmenurut saya apabila metode itu robi terapkan dalam pembelajaran mungkin tidak terlalu efektif karena menurut saya ada beberapa siswa yang kurang tertarik dengan cerita - cerita seperti itu. siswa cendrung akan bosan karena mereka dengan sendiri nya sudah dapat mengetahui atau mencari sendiri artikel - artikel terpercaya mengenai biografi para ilmuwan tersebut. karena menurut saya sekarang teknologi sudah semakin canggih dan kita sudah diera penuh dengan teknologi..terimaksih
Assalamualaikum wr. wb.
BalasHapussama halnya dengan saudari ririn katakan ,, menurut saya bahwa ide yang saudara robi paparkan kurang efektif dalam pembeljaran dikelas,
boleh saja menyampaikan atau menapilkan history para ilmuwan terdahulu, tapi hanya sebatas sebagai memberikan informasi dan itu sebenarnya bisa saja siswa membacanya d rumah, mungkin untuk d bagian apersepsi sebelum memulai pelajaran bisa di pancing dengan memberikan informasi teknologi ataupun berita yang masih menyinggung tentang kimia (terkini), yang masih berhubungan dengan materi yang akan disampaikan karena masih blooming di telinga mereka (siswa), oleh karena itu mudah menyatukan mindset menuju masuk d materi pembelajaran dan lebih memabangun semangat siswa untuk belajar..
terimakasih :)
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusMenurut saya mengenai metode ini bisa diterapkan, namun mungkin tidak dialakukan setiap saat pertemuan, seperti yang dikatakan saudari ririn, metode ini dapat membuat siswa/siswi itu cepat bosan, dan mereka juga pasti bisa mencari informasi-informasi itu sendiri. Jadi, menurut saya metode ini dijadikan sebagai motivasi dan dapat diterapkan pada waktu-waktu (kondisi) tertentu saja.Terimakasih, wassalamualaikum wr.wb
Assalamualaikum
BalasHapusSaya setuju dan sependapat dengan teman teman sekalian diatas yang telah berkomentar. Menurut saya juga itubkurang efektif jika diterapkan diawal pembelajaran. Sekarang zaman sudah semakin canggih dan modern tidak menutup kemungkinan semua siswa sudah menggunakan gadjet mereka bisa saja mencari hal tersebut dengan gadjet mereka dan bahkan sekalipun mereka bisa melihat nya langsung dengan menggunakan youtube dan itu mungkin lebih menarik mereka dari pada harus diceritakan didepan kelas karna tidak semua siswa menyukai cerita cerita seperti itu.
Assalamualaikum
BalasHapusSaya setuju dan sependapat dengan teman teman sekalian diatas yang telah berkomentar. Menurut saya juga itubkurang efektif jika diterapkan diawal pembelajaran. Sekarang zaman sudah semakin canggih dan modern tidak menutup kemungkinan semua siswa sudah menggunakan gadjet mereka bisa saja mencari hal tersebut dengan gadjet mereka dan bahkan sekalipun mereka bisa melihat nya langsung dengan menggunakan youtube dan itu mungkin lebih menarik mereka dari pada harus diceritakan didepan kelas karna tidak semua siswa menyukai cerita cerita seperti itu.
sangat bermanfaat. anda juga bisa menambahkan cerita singkat tentang materi pelajaran dari kehidupan sehari-hari sehingga itu dapat menambah motivasi belajar siswa. disamping itu penerapkan model pembelajaran seperti PBL, inkuiri, discovery learning dan sebagainya atau dapat juga dengan menerapkan media pembelajaran yang sudah tervalidasi juga akan membuat pelajaran lebih menari
BalasHapus