Berfikir Kreatif dan Inovatif

Kreatifitas adalah suatu kemampuan berpikir ataupun melakukan tindakan yang bertujuan untuk mencari pemecahan sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda (out of the box), tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat”. Salah satu aspek lain dari berpikir kreatif ini adalah bermimpi. Kegiatan bermimpi ini, dipercaya sebagai salah satu kebutuhan penting di dalam cara kerja otak.

Inovatif adalah suatu kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang.

Hal yang harus diperhatikan dalam berpikir inovatif dan kreatif yaitu: 

1) Pemahaman materi 

2) Modifikasi

Inovatif dan kreatif datang dari MIMPI DAN MOTIVASI. Motivasi adalah dorongan kuat dari dalam diri untuk berkembang. Motivasi dapat timbul karena adanya kebutuhan dasar dan kebutuhan lainnya. 

1. Kebutuhan dasar : makan, minum, sandang, papan dan   pendidikan 

2. Kebutuhan lainnya : meningkatkan status diri di masyarakat, ingin lebih dihargai, dan dihormati orang lain atau masyarakat

Hanya dengan bersikap kreatif dan inovatif, kita akan menjadi “berbeda” dibanding yang lain, menjadi unik sehingga berpotensi untuk menjadi pemenang (champion) dalam setiap persaingan. 

3 langkah menumbuhkan cara berfikir inovatif : 

a. Masalah

Melatih berpikir inovatif yang paling mudah adalah dengan berusaha mencari masalah yang ada kemudian memecahkannya. Ada begitu banyak sekali permasalahan yang dialami setiap orang atau komunitas yang hingga saat ini belum ditemukan solusinya. 

b. Kebutuhan

Dari sebuah masalah yang ditemukan, maka di sisi lain hal tersebut dapat juga merupakan sebuah kebutuhan. Mengubah sebuah masalah menjadi kebutuhan akan menjadi cara yang lebih powerful untuk melatih berpikir inovatif.

c. Peluang

Kita sudah menganalisa masalah menjadi kebutuhan. Selanjutnya mencari peluang apa yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Untuk melihat peluang, Anda juga bisa melihat apa passion Anda, atau melihat expertise Anda, atau bisa juga berkonsultasi ke teman-teman Anda. Semakin banyak peluang yang lahir, justru akan semakin besar juga pola pikir inovatif yang terbentuk.

Salah satu ide kreatif yang akan saya lakukan sebagai seorang guru, sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, saya akan menampilkan atau menceritakan kisah hidup ilmuan-ilmuan terkenal dunia seperti Albert Einsten maupun ilmuan ilmuan lainnya. tujuannya adalah dengan menampilkan biografi tersebut membuat siswa termotivasi sehingga proses belajar mengajar lebih efisien dan membuat siswa termotivasi untuk belajar lebih giat lagi.

Bagaimana pendapat teman-teman sekalian mengenai ide tersebut ? apakah ada masukan supaya metode tersebut dapat lebih menarik lagi? 

Komentar

  1. assalamualaikum, ide kreatif yang anda berikan sangat bermanfaat untuk menambah motivasi belajar siswa, tetapi yang igin saya tanyakan jika tidak ada sangkut paut dengan materi apakah siswa akan tetap tertarik, jika iya tlong ada beri contoh dalam pembelajran kimia, terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tidak termasuk dalam materi belajar andri, maksud saya metode itu dilakukan untuk memotivasi siswa lewat kisah hidup para ilmuan yang sangat gigih dalam melakukan penemuannya, ada yg dianggap gila oleh teman temannya bahkan ada yg dihukum karna mempertahankan pengetahuannya. sehinnga nantinya siswa lebih giat lagi dalam belajar untuk menggapai impiannya, terimakasih andri atas komentarnya...

      Hapus
    2. oooooo begitu, terimakasih atas penjelasan nya robby

      Hapus
  2. assalamualaikum wr wb
    menurut saya apabila metode itu robi terapkan dalam pembelajaran mungkin tidak terlalu efektif karena menurut saya ada beberapa siswa yang kurang tertarik dengan cerita - cerita seperti itu. siswa cendrung akan bosan karena mereka dengan sendiri nya sudah dapat mengetahui atau mencari sendiri artikel - artikel terpercaya mengenai biografi para ilmuwan tersebut. karena menurut saya sekarang teknologi sudah semakin canggih dan kita sudah diera penuh dengan teknologi..terimaksih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr. wb.
    sama halnya dengan saudari ririn katakan ,, menurut saya bahwa ide yang saudara robi paparkan kurang efektif dalam pembeljaran dikelas,
    boleh saja menyampaikan atau menapilkan history para ilmuwan terdahulu, tapi hanya sebatas sebagai memberikan informasi dan itu sebenarnya bisa saja siswa membacanya d rumah, mungkin untuk d bagian apersepsi sebelum memulai pelajaran bisa di pancing dengan memberikan informasi teknologi ataupun berita yang masih menyinggung tentang kimia (terkini), yang masih berhubungan dengan materi yang akan disampaikan karena masih blooming di telinga mereka (siswa), oleh karena itu mudah menyatukan mindset menuju masuk d materi pembelajaran dan lebih memabangun semangat siswa untuk belajar..


    terimakasih :)

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya mengenai metode ini bisa diterapkan, namun mungkin tidak dialakukan setiap saat pertemuan, seperti yang dikatakan saudari ririn, metode ini dapat membuat siswa/siswi itu cepat bosan, dan mereka juga pasti bisa mencari informasi-informasi itu sendiri. Jadi, menurut saya metode ini dijadikan sebagai motivasi dan dapat diterapkan pada waktu-waktu (kondisi) tertentu saja.Terimakasih, wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Saya setuju dan sependapat dengan teman teman sekalian diatas yang telah berkomentar. Menurut saya juga itubkurang efektif jika diterapkan diawal pembelajaran. Sekarang zaman sudah semakin canggih dan modern tidak menutup kemungkinan semua siswa sudah menggunakan gadjet mereka bisa saja mencari hal tersebut dengan gadjet mereka dan bahkan sekalipun mereka bisa melihat nya langsung dengan menggunakan youtube dan itu mungkin lebih menarik mereka dari pada harus diceritakan didepan kelas karna tidak semua siswa menyukai cerita cerita seperti itu.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Saya setuju dan sependapat dengan teman teman sekalian diatas yang telah berkomentar. Menurut saya juga itubkurang efektif jika diterapkan diawal pembelajaran. Sekarang zaman sudah semakin canggih dan modern tidak menutup kemungkinan semua siswa sudah menggunakan gadjet mereka bisa saja mencari hal tersebut dengan gadjet mereka dan bahkan sekalipun mereka bisa melihat nya langsung dengan menggunakan youtube dan itu mungkin lebih menarik mereka dari pada harus diceritakan didepan kelas karna tidak semua siswa menyukai cerita cerita seperti itu.

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat. anda juga bisa menambahkan cerita singkat tentang materi pelajaran dari kehidupan sehari-hari sehingga itu dapat menambah motivasi belajar siswa. disamping itu penerapkan model pembelajaran seperti PBL, inkuiri, discovery learning dan sebagainya atau dapat juga dengan menerapkan media pembelajaran yang sudah tervalidasi juga akan membuat pelajaran lebih menari

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Miskonsepsi dan Kendala Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Kimia di SMP dan SMA

Kesulitan Belajar Kimia pada Siswa SMP dan SMA

Diagonisis dan Tindakan Klinis Mengatasi Kesulitan Siswa yang Malas Belajar Kimia