Diagonisis dan Tindakan Klinis Mengatasi Kesulitan Siswa yang Malas Belajar Kimia



 Berikut faktor penyebab siswa atau anak didik kurang berminat atau malas untuk belajar. yaitu :

Pertama, faktor penyebab yang pertama ini berasal dari dalam diri (intern) siswa:
·         Peserta didik yang lapar dan sakit atau kondisi fisiknya tidak baik tentu tidak akan menerima pelajaran dengan baik pula.
·         Kelelahan, juga mempengaruhi minat belajar siswa di dalam kelas. Ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh siswa yang terlalu banyak menghabiskan energinya untuk bermain, sehingga sebagian tenaganya terkuras dan malas untuk berlajar.
·         Ada masalah, anak yang tengah mengalami masalah seperti sedih dan bertengkar tentu sulit untuk konsentrasi belajar, karena fokusnya telah hilang akibat memikirkan apa yang menjadi masalahnya.

Kedua, faktor yang kedua berasal dari luar diri (ekstern) siswa:
·         Model pembelajaran yang membosankan dan monoton mengakibatkan anak tidak tertarik untuk belajar.
·         Sikap guru yang tidak memperhatikan siswa dalam belajar atau sebaliknya terlalu berlebihan memperhatikan.
·         Guru kurang memberikan kesadaran kepada siswa bahwa belajar merupakan sebuah tanggung jawab dan kesadaran bukan karena mengejar nilai dan paksaan guru atau orangtua.

Beberapa masalah yang membuat anak malas belajar:
1.      Beban sekolah yang terlalu banyak.
2.      Sistem mengajar yang tidak menarik  atau  tidak suka pada pelajaran / guru
3.      Anak tersebut bukan anak yang berorientasi akademis.
4.      Gangguan fisik.
5.      Masalah keluarga atau problem emosional
6.      Tak ada panutan
7.      Orang tua  salah bicara  saat menasehati anak.
8.      Fasilitas berlebih.
9.      Anak tak cocok dengan sekolahnya
10.  Belum tahu cara belajar yang cocok, strategi belajar yang tepat atau lingkungan khas yang bisa memacu semangat belajarnya
11.  Lingkungan  rumah  yang tidak kondusif
12.  Terlalu capek
13.  Kemiskinan

Beberapa cara yang harus dilakukan agar siswa tidak malas dalam belajar kimia :
1.    Guru harus memberikan variasi-varisai dalam cara belajar.
2.    Memberikan motivasi-motivasi agar siswa semangat dalam belajar.
3. Dalam mengajar hendaknya guru membuat siswa belajar dalam bentuk kerja kelompok.
Permasalahan : untuk mengatasi siswa yang malas belajar dilakukan beberapa cara seperti diatas, dan ada berbagai teknik lainnya. apakah cara-cara ini menurut teman-teman cukup ampuh untuk mengatasi siswa yang malas belajar? mengapa

Komentar

  1. Menurut saya cara- cara diatas cukup ampuh dalam mengatasi siswa yang malas belajar. Dimana guru memberikan variasi - variasi dalam proses pembelajaran, nah jika telah dilakukan dengan baik dalam penerapannya tetapi siswa masih bermalas-malasan disinilah guru melakukan pendekatan personal termasuk memberikan motivasi untuk belajar

    BalasHapus
  2. adakah cara lainnya yulia? yang dianggap dapat mengatasi permasalahan tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. guru bisa memberikan reward kepada siswa yang rajin mengikuti pembelajaran kimia, tidak hanya kepada siswa yang pintar dalam pelajaran kimia. sehingga siswa yang awalnya malas akhirnya mempunyai semangat untuk belajar.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Miskonsepsi dan Kendala Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Kimia di SMP dan SMA

Kesulitan Belajar Kimia pada Siswa SMP dan SMA