Diagonisis dan Tindakan Klinis Mengatasi Kesulitan Siswa yang Malas Belajar Kimia
Pertama, faktor penyebab yang pertama ini berasal dari dalam diri (intern) siswa:
· Peserta didik yang lapar dan sakit atau kondisi fisiknya tidak baik tentu tidak akan menerima pelajaran dengan baik pula.
· Kelelahan, juga mempengaruhi minat belajar siswa di dalam kelas. Ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh siswa yang terlalu banyak menghabiskan energinya untuk bermain, sehingga sebagian tenaganya terkuras dan malas untuk berlajar.
· Ada masalah, anak yang tengah mengalami masalah seperti sedih dan bertengkar tentu sulit untuk konsentrasi belajar, karena fokusnya telah hilang akibat memikirkan apa yang menjadi masalahnya.
Kedua, faktor yang kedua berasal dari luar diri (ekstern) siswa:
· Model pembelajaran yang membosankan dan monoton mengakibatkan anak tidak tertarik untuk belajar.
· Sikap guru yang tidak memperhatikan siswa dalam belajar atau sebaliknya terlalu berlebihan memperhatikan.
· Guru kurang memberikan kesadaran kepada siswa bahwa belajar merupakan sebuah tanggung jawab dan kesadaran bukan karena mengejar nilai dan paksaan guru atau orangtua.
Beberapa masalah yang membuat anak malas belajar:
1. Beban sekolah yang terlalu banyak.
2. Sistem mengajar yang tidak menarik atau tidak suka pada pelajaran / guru
3. Anak tersebut bukan anak yang berorientasi akademis.
4. Gangguan fisik.
5. Masalah keluarga atau problem emosional
6. Tak ada panutan
7. Orang tua salah bicara saat menasehati anak.
8. Fasilitas berlebih.
9. Anak tak cocok dengan sekolahnya
10. Belum tahu cara belajar yang cocok, strategi belajar yang tepat atau lingkungan khas yang bisa memacu semangat belajarnya
11. Lingkungan rumah yang tidak kondusif
12. Terlalu capek
13. Kemiskinan
Beberapa cara yang harus dilakukan agar siswa tidak malas dalam belajar kimia :
1. Guru harus memberikan variasi-varisai dalam cara belajar.
2. Memberikan motivasi-motivasi agar siswa semangat dalam belajar.
3. Dalam mengajar hendaknya guru membuat siswa belajar dalam bentuk kerja kelompok.
Permasalahan : untuk mengatasi siswa yang malas belajar dilakukan beberapa cara seperti diatas, dan ada berbagai teknik lainnya. apakah cara-cara ini menurut teman-teman cukup ampuh untuk mengatasi siswa yang malas belajar? mengapa
Menurut saya cara- cara diatas cukup ampuh dalam mengatasi siswa yang malas belajar. Dimana guru memberikan variasi - variasi dalam proses pembelajaran, nah jika telah dilakukan dengan baik dalam penerapannya tetapi siswa masih bermalas-malasan disinilah guru melakukan pendekatan personal termasuk memberikan motivasi untuk belajar
BalasHapusadakah cara lainnya yulia? yang dianggap dapat mengatasi permasalahan tersebut?
BalasHapusguru bisa memberikan reward kepada siswa yang rajin mengikuti pembelajaran kimia, tidak hanya kepada siswa yang pintar dalam pelajaran kimia. sehingga siswa yang awalnya malas akhirnya mempunyai semangat untuk belajar.
Hapus